Wednesday, February 8, 2012

Wastra Indonesia

07.01.12

Wastra Indonesia. Mungkin kata "wastra" bukan kata yang familiar bagi sebagian orang. Apa sih wastra itu?
Wastra berasal dari bahasa Jawa yang artinya : kain. Berarti, Wastra Indonesia adalah kain Indonesia, asli Indonesia.
Kadang saya tergelitik juga dengan image dari wastra Indonesia, yang seakan-akan dipakai pada momen-momen tertentu saja. Jujur, saya sendiri pun termasuk kategori orang yang jarang mengenakan busana berbahan wastra Indonesia. He he he.
Apakah karena terlihat 'kuno'? Atau karena harganya yang mahal? Tapi yang pasti, busana busana ready to wear bermaterial wastra Indonesia lebih sedikit dibanding material lain.
Akhirnya, saya coba untuk mendesain sebuah busana, yang tampak semi-formal ini, berbahan dasar wastra Indonesia. Kain dari daerah mana? Jujur, saya pun belum tahu. Pengetahuan saya tentang itu masih sangaaaatt minim. Yang saya kenal cuma beberapa, itu pun hanya di 'permukaan' saja, tidak terlalu mendalam.
Tapi bagaimanapun, saya ingin suatu saat, saya dapat mencipta busana, at least untuk saya sendiri, berbahan wastra Indonesia. Semoga. Dan harus BISA!

No comments: